Motif Ekonomi, Cina Sekulerkan Muslim Indonesia

17 12 2010

Jakarta. Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Muhammad Ismail Yusanto mengaku kaget ternyata Cina pun setali tiga uang dengan Amerika dan Barat yang konsisten mengupayakan agar Muslim di Indonesia tetap sekuler.

“Hanya mungkin yang sedikit mengagetkan itu mengapa Cina juga ikut,” ujarnya kepada mediaumat.com, Kamis (16/12) sore di Jakarta menanggapi bocoran sebuah kawat rahasia dari Kedubes AS di Beijing yang diungkap situs bocoran rahasia Wikileaks baru-baru ini. Dalam kawat tersebut dinyatakan bahwa Beijing berusaha untuk mempromosikan Islam sekuler di Indonesia.

Meski demikian, Ismail pun bisa mengerti karena Cina saat ini sudah mulai mendominasi menjadi kekuatan ekonomi kapitalis baru. “Sebagai sebuah negara, meski secara internal ideologi dalam negerinya itu komunis tetapi dia sudah menjelma menjadi sebuah negara kapitalis,” Ujar Ismail.

Sama dengan negara-negara kapitalis lainnya, kepentingan politik dan ekonomi Cina akan mulus bila Indonesia ini tetap sekuler. Karena selama negeri yang berpenduduk Muslim ini menjadikan Islam sebagai agama ritual saja— bukan sebagai Islam kafah yang mengurusi masalah politik, ekonomi dan ruang publik lainnya— maka kepentingan politik dan ekonomi negara-negara kapitalisme itu akan tetap terjaga.

Menurut Ismail, disitulah titik persoalannya. Karena bila Indonesia menerapkan Islam kafah atau menjelma menjadi Negara Islam mereka itu kuatir tidak bisa lagi mewujudkan kepentingan politik dan ekonomi mereka. “Padahal bila Indonesia menjelma menjadi Negara Islam sebenarnya mereka tetap bisa berhubungan secara politik dan ekonomi,” jamin Ismail.

Hanya bedanya memang mereka tidak bisa lagi bertindak sesuka hati. “Tidak bisa lagi mendominasi, apalagi kemudian melakukan eksploitasi seperti yang selama ini terjadi, karena mereka berhadapan dengan negara ideologis!” tegas Ismail.[]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: