Keponakan

25 12 2009

Malam ini keponakan datang ke rumah, waah rame banget euy ada yang teriak-teriak, nangis wez pokoke kaya suasana di pasar deh🙂 jadi lucu ngeliatnya hehehe….

tapi ada yang sedikit bikin kuatir, ada keponakan saya yang asyik bermain sendiri. ia tidak memperhatikan keadaan sekitarnya, tiap kali didekati dia ngambek n ngusir orang yang ngedeketin, waah kira-kira kenapa yah??

mungkin bisa jadi karena masalah pendidikan dan pengaruh lingkungan, kaya sekarang nich dia lagi teriak-teriak minta maen game dikomputer. sebenarnya seberapa besar sich pengaruh lingkungan dalam membentuk kepribadian anak?

pengaruh lingkungan sangat penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku seorang anak. setidaknya itu menurut beberapa ahli psikologi yang memang berkecimpung dibidang anak-anak.

kebetulan isteri saya adalah seorang guru TK yang tiap hari bergelut dengan dunia anak-anak. dia banyak bercerita tentang tingkah polah anak-anak yang beraneka ragam dan bermacam-macam.  ada yang pas belajar ibunya disuruh masuk ke kelas nemenin, ada yang kerjaannya jailin temennya yang lagi asyik belajar dan waahh… pokoknya macem-macem deh. setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata, lingkungan tempat sang anak beradaptasi lah yang telah membentuk seorang anak menjadi bertingkah laku seperti itu.

misalnya, anak yang pas belajar maunya ditemenin sama ibunya ternyata dirumah pun sudah dibiasakan ketika anak tersebut belajar selalu ditemani oleh ibunya, akhirnya kebiasaan tersebut dibawa ke TK.

sebab lain bisa jadi, karena anak tersebut masih belum terbiasa dengan lingkungan barunya. sehingga ia minta ditemenin terus sama ibunya.

yaah… pada akhirnya memang, lingkungan lah yang akan membentuk tingkah laku sang anak. dan tentu hal ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan oleh orangtua. sebab, segala hal yang dilakukan orangtua akan selalu dilihat dan direkam oleh anak.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: