Keponakan

4 12 2009

saat sedang asyik nonton film, keponakan saya Dicky melihat-lihat koleksi film saya yang lumayan banyak🙂. Saat saya sedang seru-serunya melihat aksi jagoan dalam film Zatoichi (Legenda Samurai Buta dari Jepang) dia menyodorkan film Power Rangers, “uncle mo liat ini…” katanya. “wah lagi seru nich” kata saya dalam hati. tapi melihat matanya yang bersinar-sinar dan dengan ekspresi yang tidak mungkin ditolak akhirnya saya mengalah, dan film Zatoichi pun berganti dengan aksi jagoan bertopeng dan berkostum merah, hitam, kuning, biru dan pink yang asik menggebuki sesosok monster.

wah, ini aksi yang kurang pas buat anak-anak nich kata saya dalam hati. tapi mo gimana lagi yah, melihat ekspresi wajah innocentnya itu loh yang gak tega. akhirnya saya temani dia nonton pahlawan bertopeng menggebuki monster, dan sambil dikasih pengarahan agar tidak mengikuti mereka.

wah, kadang-kadang susah juga jika harus berhadapan dengan wajah innocent anak. padahal itu baru keponakan loh, belom anak sendiri. saya jadi mikir, gimana klo berhadapan dengan wajah innocent anak sendiri yang merengek minta dibeliin mainan.

anak-anak adalah peniru ulung, dan ini harus diperhatikan oleh kita sebagai orangtua. ketika mereka sedang menonton acara yang seharusnya tidak ditonton, ada baiknya kita memberikan pengarahan atau penjelasan dengan bahasa yang dimengerti oleh mereka, dan tidak terkesan melarang (walo sebenernya melarang😛 )

coz jika kita selalu melarang tanpa ada penjelasan yang mampu diterima oleh anak, pasti anak akan berontak dan mencari jawabannya diluar yang mungkin akan menambah efek negatif pada tumbuh kembangnya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

