Aqidah Islam

21 11 2009

Aqidah

Arti bahasa : (‘Aqada-ya’qidu-‘aqdan) = Tali/Ikatan/Simpul (‘aqdun)
Contoh: ‘aqdul ba’i = ikatan jual-beli.

Arti Istilah :
Pemikiran yang menyeluruh tentang alam, manusia, dan kehidupan; tentang apa yang ada sebelumnya dan yang ada sesudahnya; serta hubungannya dengan apa yang ada sebelumnya dan yang ada sesudahnya.

Pemikiran yang mampu mejawab/memecahkan problematika dasar (‘uqdatul kubra) manusia. Yaitu pertanyaan : Dari mana kita? Untuk apa di dunia? Dan akan kemana setelah mati?

Penjelasan :
Aqidah asal katanya adalah ikatan, maka harus berfungsi sebagai pengikat. Untuk itu harus berupa pemikiran yang mendasar dan menyeluruh, sehingga mampu mengikat atau menjadi landasan (menentukan langkah dan gerak) manusia dalam mengarungi kehidupan. Dengan kata lain aqidah harus merupakan pemikiran mendasar yang dapat melahirkan pemikiran-pemikiran cabang.

Contoh : Aqidah Islam = Rukun Iman (Iman kepada Allah, Malaikat, Kitab-kitab, Nabi/Rasul, Hari akhir, Qadla dan qadar) Manusia berasal dari Allah, diturunkan di muka bumi untuk beribadah kepada Allah (menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya), dan setelah mati akan mempertanggungjawabkan amal perbuatannya selama di dunia. Dari pemikiran dasar ini, dapat digali pemikiran-pemikiran cabang tentang bagaimana manusia seharusnya mengatur urusan politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dll

Aqidah Aqliyah :
Aqidah yang dibangun melalui proses pemikiran, dan dipahami serta diyakini melalui proses berfikir. Aqidah semacam inilah yang bisa melahirkan berbagai pemikiran cabang untuk memecahkan problem kehidupan. Adapun jika sebuah aqidah dibangun dengan cara dogmatis, maka aqidah tersebut tidak akan menjadi suatu pemikiran dan tidak akan melahirkan berbagai pemikiran cabang untuk memecahan problem kehidupan.


Aksi

Information

2 responses

21 11 2009
frezyprimaardi

salam kenal…salam dingin dari bandung

21 11 2009
Mr.Smile

salam kenal juga salam hangat dari jakarta ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: